Compiler dalam Bahasa Pemrograman C++


Compiler dalam Bahasa Pemrograman C++


Hi sobat IT, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu ya, juga selalu dilancarkan setiap aktivitasnya. Nah btw kali ini Divisi TI Himatif mau ngasih tau, apa sih compiler yang dipakai untuk memprogram C++. OK jadi sebenarnya kita bisa saja memprogram C++ menggunakan text editor yang sudah tersedia di OS atau sistem operasi kalian masing-masing. Misalnya, jika sistem operasi kalian windows, kalian bisa saja menggunakan text editor yaitu notepad, sudah tidak asing lagi ya bagi kita text editor notepad. Tapi karena C++ merupakan Bahasa pemograman tipe compiler, maka kita tidak bisa hanya menggunakan text editor saja, oleh karena itu kita juga harus install compiler nya di internet. Nah sebenarnya compiler yang bisa digunakan pada C++ itu sangat banyak, kalian bisa searching saja di internet. Disini saya akan kasih 1 compiler yang sering saya pakai untuk memprogram C++. Apa itu? Compiler nya itu bernama MinGW dan text editor yang biasanya saya pakai yaitu sublime text 3. Tapi sebelum kita ke tahap penginstalan, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa sih yang dimaksud dengan compiler? ok, jadi compiler itu merupakan sebuah program komputer yang fungsi nya itu untuk menerjemahkan bahasa pemrograman komputer. Nah kenapa sih kita harus menggunakan compiler untuk menerjemahkan komputer? Alasannya karena, Bahasa pemrograman yang kita bahas ini adalah bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman C++ itu adalah Bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang artinya Bahasa yang sulit dipahami oleh komputer, tetapi mudah dipahami oleh manusia. Jika Bahasa yang kita gunakan adalah Bahasa tingkat rendah, maka kita tidak perlu lagi yang namanya compiler, karena komputer akan langsung memahami nya. Selain untuk menerjemahkan bahasa komputer, compiler juga bisa digunakan untuk mengoreksi atau mengecek apakah program yang kita tulis itu ada error atau tidak. Ok jadi intinya karena Bahasa C++ itu merupakan Bahasa compiler jadi kita membutuhkan yang namanya compiler. Sebenarnya jika kalian tidak ingin repot download text editor+compiler nya, kalian bisa saja menggunakan IDE (Integreted Development Environtment). Apa itu IDE? Jadi IDE itu merupakan sebuah program komputer  fungsinya untuk memudahkan kita dalam memprogram suatu bahasa pemrograman. Selain itu fungsi nya juga untuk menyediakan fasilitas-fasilitas dan semua utilitas yang diperlukan dalam membuat software atau perangkat lunak. Fasilitas yang tersedia diantarannya, Text Editor, Compiler, Debugger. Nah jadi dengan menggunakan IDE kita tidak usah lagi download text editor dan compiler nya, sehingga lebih efisien. IDE yang biasa saya pakai dalam memprogram C++ adalah DEV C++. IDE ini bersifat open source atau gratis kita tinggal download saja di internet secara gratis. Ok disini saya akan menggunakan IDE saja, kenapa? Karena lebih simpel dan efisien, daripada kita harus install text editor dan compiler nya.



IDE DEV C++

Ok, disini saya akan mempraktekan bagaimana cara penginstalan IDE DEV C++ di sistem operasi windows 10. Jika kalian pengguna linux, kalian bisa install DEV C++ nya menggunakan wine.
Oke langkah pertama adalah download terlebih dahulu IDE DEV C++ nya disini download.
Jika sudah, kita lanjut ke tahap penginstalan IDE nya.
Pertama buka lokasi file installer yang sudah kalian download

Setelah itu buka file installer nya


Disini kita disuruh untuk memilih bahasa yang digunakan, kita pilih saja ahasa inggris. Lalu klik ok


 Disini kita klik I agree saja.


Ok disini kita disuruh untuk memilih mana saja komponen-komponen yang akan kita install di DEV C++ ini, untuk pemula kalian bisa pilih default nya saja, jadi kalian bisa langsung klik next saja oke.
Nah, dibagian sini kalian tinggal pilih saja lokasi file DEV C++ yang ingin kalian simpan, jika kalian tidak ingin repot, kalian bisa saja pilih lokasi default nya, yaitu di partisi C\Program Files(x86)\Dev-Cpp. Tetapi, jika kalian ingin menyimpannya di partisi D atau E itu tidak masalah, terserah kalian saja oke. Jika sudah kita tinggal klik install.

Oke jika sudah klik install, maka proses instalasi pun akan berlangsung. Kalian tinggal tunggu saja beberapa menit sampai proses instalasi nya selesai.

Jika sudah di install maka icon DEV C++ pun akan muncul otomatis di desktop kalian, dan kalian tinggal jalankan software nya. Jika sudah dijalankan maka tampilannya akan seperti ini :

Nah itulah bahan-bahan yang harus kalian siapkan sebelum memprogram C++. Jika memang kalian lebih memilih memakai text editor + compiler, itu pun tidak masala oke.

               https://www.petanikode.com/cpp-linux/
              https://kodedasar.com/belajar-cpp/



Created By : M. Ikhsan Hilmi (1906094)

Contact Person :
Facebook : https://www.facebook.com/profile.php?id=100041421082581
Instagram : IG https://www.instagram.com/iqhsaan.q  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar