Apa itu AOSP ?

Hi sobat Himatif ,bagaimana kabarnya?:D semoga sehat selalu ya kali ini admin akan menjelaskan tentang apa sih itu AOSP? langsung saja simak artikel dibawah ini.

Apa itu AOSP?
AOSP merupakan singkatan dari Android Source Project, yaitu versi dari open source code Android yang dikembangkan oleh Google. Source code ( sumber kode ) tersebut dari dan untuk sistem android yang bisa diunduh secara bebas oleh siapapun. Sumber kode tersebut nantinya akan digunakan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Proyek AOSP ini menawarkan informasi dan sumber kode yang dibutuhkan untuk membuat sistem perangkat khusus dari berbagai jenis android, port perangkat, dan aksesori android. Selain itu juga memastikan bahwa perangkat tersebut tetap memenuhi persyaratan kompatibilitas dari Google.
Dengan menggunakan rom AOSP maka Kalian akan mendapatkan sebuah OS Android murni tanpa tambahan fitur. Pihak ketiga atau vendor smartphone dan komputer dengan sistem yang berbasis android, biasanya akan  mengunduh dan melakukan modifikasi terhadap AOSP Android tersebut. Mereka bisa melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanpa harus mengikuti stkalianr dari aplikasi Google. Selain itu, karena sifatnya yang terbuka, maka vendor juga bisa dengan bebas memberikan nama sesuai dengan keinginannya.
Dari beragam modifikasi yang telah dilakukan maka Kalian akan melihat beragam tampilan menu atau fitur yang berbeda-beda di setiap smartphone meski semuanya berbasis Android. Proyek AOSP ini yang menjadi dasar terciptanya custom ROM dan dasar bagi para pengembangnya. Beberapa contoh custom ROM yang dihasilkan seperti MIUI, TouchWiz, ColorOS dan CyanogenMod berasal dari sumber yang sama yaitu AOSP Android.
Salah satu keuntungan yang akan Kalian dapat jika menggunakan custom ROM adalah kemampuannya dalam meningkatkan kinerja perangkat Kalian. Namun custom ROM ini juga bisa menghilangkan semua sistem dan aplikasi bawaan yang berasal dari produsen, seperti tema, aplikasi dan lain-lain.

Macam-macam AOSP yang Sudah Dimodifikasi (Custom ROM)

1. Lineage OS

LineageOS adalah sistem operasi sumber terbuka dan gratis untuk set-top box, smartphone, dan komputer tablet, berbasis pada platform Android mobile. Ini adalah penerus dari custom ROM CyanogenMod, dari mana ia bercabang pada Desember 2016 ketika Cyanogen Inc. mengumumkan penghentian pengembangan dan mematikan infrastruktur di belakang proyek. Karena Cyanogen Inc. mempertahankan hak atas nama Cyanogen, proyek ini mengganti namanya menjadi LineageOS.

LineageOS secara resmi diluncurkan pada 24 Desember 2016, dengan kode sumber tersedia di GitHub. Seperti semua versi Android, rilis sistem operasi khusus untuk satu model. Sejak diluncurkan, pengembangan pengembangan LineageOS tersedia untuk lebih dari 185 model telepon  dengan lebih dari 1,7 juta pemasangan aktif,  setelah menggkaliankan basis penggunanya di bulan Februari-Maret 2017.
CyanogenMod (sering disingkat "CM") adalah sistem operasi open-source[12] yang populer untuk smartphone dan komputer tablet, berdasarkan pada platform ponsel Android. Meskipun hanya sebagian dari total pengguna CyanogenMod yang dipilih untuk melaporkan penggunaan firmware mereka, pada 23 Maret 2015, beberapa laporan mengindikasikan lebih dari 50 juta orang yang menjalankan CyanogenMod di ponsel mereka. Itu juga sering digunakan sebagai titik awal oleh pengembang ROM lain.

2. MIUI
MIUI (dibaca "mi-yu-ai") adalah perangkat tegar stok dan alternatif yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk telepon cerdas dan komputer tablet yang berbasis pada perangkat lunak bebas sistem operasi Android. Antarmuka ini mirip dengan dan bersaing dengan antarmuka iOS milik Apple dan TouchWiz milik SamsungMIUI mencakup berbagai fitur yang tidak tersedia dalam stok Android termasuk dukungan tema yang menarik.
Awalnya firmware MIUI dikembangkan berdasarkan sumber Android 2.2.X Froyo dan CyanogenMod 6, dan dikembangkan dalam bahasa Tiongkok oleh perusahaan Tiongkok Xiaomi. Xiaomi menambahkan beberapa aplikasi pendukung; Termasuk Notes (catatan), Backup (cadangan), Musik, and Galeri.
Pembaruan perangkat lunak biasanya berlangsung pada hari jumat setiap minggunya. MIUI diterjemahkan dan diporting kedalam versi tidak resmi dalam bahasa lain oleh pengembang independen dan kelompok penggemar.
MIUI tidak menyertakan layanan Google Play di Tiongkok. Namun, Xiaomi telah memperluas distribusinya hingga Hong Kong, Taiwan, dan di luar Tiongkok. MIUI yang mempunyai layanan Google Play dan aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Google Maps, Google Play Store dirilis untuk perangkat Xiaomi yang dijual di Hong Kong, Taiwan, dan negara di luar Tiongkok seperti India, Singapura, indonesia,Malaysia, dan Korea .

3. Funtouch OS
Funtouch OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh vivo. Ini adalah garpu sistem operasi Google Android. Pada tanggal 28 November, Ge Yanan, manajer proyek JoviOS, mengumumkan bahwa FuntouchOS akan menjadi JoviOS dengan merilis smartphone vi30 X30 pada bulan Desember 2019. Funtouch Os di kembangkan khusus vivo terlihat jelas perbedaanya mulai dari tampilan .Tampilan pada Funtouch OS di dalam beberapa hal terlihat sangat mirip dengan iOS buatan dan kembangkan oleh Apple.
Tidak hanya unggul dari sisi tampilan UI funtouch os hp vivo yang di rubah pada custom android satu ini ,tetapi ada banyak fitur lain yang telah di tambahkan pada funtouch os dan tentu saja beberapa fitur tambahan ini tidak akan kalian temui pada os resmi android maupun custom rom android lainnya.
Fitur Smart Motion adalah salah satu fitur yang diciptakan untuk mempermudah pengguna mengakses dan menggunakan Vivo smartphone Fitur file manager (Pengelolaan file)- fitur file manager pada funtouch os sudah di buat sangat sedehana sehingga pengguna bisa dengan mudah menemukan file yang sedang di cari .

4. Color OS
ColorOS adalah Sistem Operasi android yang digunakan pada smartphone Oppo. ColorOS mempunyai aplikasi tambahaan yang tertanam di banding Os biasa seperti :
  • Screen Off Gesture
  • Screen On Gesture
  • Clasic Comunication 
  • Security System
  • Multi Finger

Screen Off Gesture berfungsi untuk membuka aplikasi langsung dalam keadaan layar terkunci. Screen On Gesture berfungsi untuk mengatur setingan langsung dari layar seperti menaikan atau merendahkan volume hanya dengan menggeserkan dua jari ke atas dan kebawah.
Clasic Comunication berfungsi untuk mengangkat telpon langsung tanpa harus menekan layar untuk menjawab cukup menempelkan handphone ke telinga maka akan terjawab otomatis. 

Sistem kerangka desain:
Masalah ukuran layar ponsel terus meningkat dan daerah sering digunakan untuk memanipulasi kita mempertimbangkan ketika mempertimbangkan desain bingkai ColorOS.  Tombol tindakan yang paling ditempatkan di bagian tengah dan bawah layar, untuk menyeimbangkan kenyamanan untuk operasi satu tangan dan gunakan kedua tangan, sehingga meminimalkan kesulitan operasional ketika layar ponsel besar.  Untuk mencapai optimalisasi, kami telah menghapus beberapa kontrol Android asli, dalam rangka terbaik untuk memenuhi persyaratan untuk antarmuka pengguna (UI) dan pengguna menyederhanakan operasi.

Jelajahi keindahan teknologi:
ColorOS dirancang dengan tujuan menanamkan kehidupan teknologi.  Coba periksa fitur hidup cuaca dan siap untuk pengalaman yang luar biasa bahwa Kalian tidak punya waktu sebelumnya.  Untuk lebih mendukung operasi Kalian, kami telah merancang sebuah set lengkap gerak tubuh menggunakan layar dungngoai;  Telepon Kalian dapat dihidupkan dengan mengklik gkalian pada layar dan menghidupkan kamera hanya dengan menggambar sebuah lingkaran di atasnya.  Membuat teknologi selalu siap melayani Kalian setiap saat. Buka gerakan umum dengan membelai di sisi kiri dari status bar antarmuka publik.  Kalian dapat mengatur gerakan sederhana untuk berbagai tugas seperti membuat panggilan, mengirim SMS, surfing internet dan aplikasi yang terbuka dan lain lain.

5. EMUI
Huawei EMUI, sebelumnya dikenal sebagai Emotion UI, adalah antarmuka pengguna khusus berbasis Android yang dikembangkan oleh Huawei untuk perangkat selulernya. Versi bermerek ulang, Magic UI, sudah diinstal sebelumnya pada perangkat Honor Huawei. hanya saja jika di custom rom kebanyakan di kembangkan dengan menghilangan beberapa fitur bawaan android ,sehingga custom rom lebih ringan tanpa ada pengembangan fitur tambahan,sedangkan pada EMUI sama halnya miui ,karena rom ini di kembangkan oleh perusahaan besar dan di gunakan pada smartphone mereka,tentunya selain mempercantik dan ciri khas pada antarmuka pengguna atau ui,pengembang rom resmi dari merk ini juga membuat fitur-fitur serta berbagai aplikasi khas dari mereka.

6. Android One
Android One adalah stkalianr penggunaan Android, sistem operasi perangkat seluler dari Google, dengan target para pengguna baru telepon pintar Android di negara-negara berkembang. Tampilan sistem operasi pada Android One mengikuti sistem operasi stok Android dengan minim perubahan antarmuka. Pembaruan sistem operasi di setiap perangkatnya akan ditangani oleh Google secara rutin, tidak seperti pada telepon pintar lain yang jarang akan pembaruan. Google juga telah merilis format desain badan perangkat keras Android One, sehingga setiap produsen menerima desain perangkat yang sama dengan produsen yang lain dan hanya tinggal menjualnya kepada konsumen. Setiap perangkat Android One dilengkapi prosesor berinti empat MediaTek MT6582 Mobile System-on-Chip (Mobile SoC).
Perangkat Android One dipasarkan perdana untuk negara India, Bangladesh, Nepal,] Indonesia, Filipina, Sri Lanka dan negara-negara Asia Selatan lainnya mulai tahun 2014.Telepon pintar perdana Android One dipasarkan oleh tiga produsen asal India yaitu Micromax, Spice dan Karbonn pada September 2014.
Di Indonesia, Android One dipasarkan dengan tiga perangkat telepon pintar dari tiga produsen yang berbeda, yaitu Evercoss One X, Nexian Journey1, dan Mito Impact. Ketiga ponsel yang diluncurkan pada bulan Februari 2015 ini sudah mendapat sistem operasi Android Lollipop 5.1.

Metode Instalasi Android

A.     Flashing
Para pengguna Smartphone Android biasanya membawa Smartphone tersebut ke tukang service untuk melakukan flash ulang Tapi adakalanya juga para pengguna mengetahui bagaimana cara melakukan flashing tersebut agar suatu hari ketika kalian ingin melakukan flashing kalian dapat melakukannya sendiri karena dengan begitu tentunya kalian juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tukang service tersebut. Namun untuk melakukan flash ini tidak semuanya berjalan dengan lancar, kalian harus teliti dalam memilih firmware/Room yang sesuai dengan type Smartphone Android kalian, karena apabila tidak sesuai dengan type Smartphone Android kalian dapat menyebabkan bootloop atau stuck di logo.
Kelebihan melakukan flashing adalah membuat Hp kita seperti baru dan yang lebih menguntungkannya lagi Kamu dapat meningkatkan performa Smartphone Android kamu. Namun kekurangan flashing adalah apabila kamu gagal atau salah memilih fimrware dapat menyebabkan softbrick atau yang lebih parahnya lagi Hp kamu akan mati total.

B.      Via TWRP
Instalasi metode ini adalah dengan cara mengganti recovery bawaan yang terinstal pada perangkat smartphone Android kemudian menggantinya dengan custom recovery, contohnya yaitu TWRP, dengan ini kalian dapat melakukan instalasi dengan file zip yang berisi ROM atau file Sistem Operasi Android.

C.      Emulator
Metode ini biasanya dilakukan melalui PC/Desktop/Laptop karena Emulator ini membuat Sistem Operasi Android dapat berjalan pada sistem operasi yang berbeda platform misalnya kalian ingin android tanpa punya smartphone, berarti kalian tinggal menginstal emulator Android, banyak pengembang yang mengembangkan sistem android emulator ini, misalnya saja yaitu : Bluestack, KOPlayer, Nox Player dan lain lain.



Created By : Novan Noviansyah Pratama (1906038)

Contact Person :
Facebook : www.facebook.com/novan2001
Email       : novangarut@gmail.com
Telegram  : https://t.me/vanzbro


Tidak ada komentar:

Posting Komentar