Bingung? Mau pilih antara Windows 10 Home, Home Single Language, Enterprise dan Education

Bingung? Mau pilih antara Windows 10 Home, Home Single Language, Enterprise dan Education

Bingung? Mau pilih antara Windows 10 Home, Home Single Language, Enterprise dan Education

            Hi sobat IT, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu ya, juga selalu dilancarkan setiap aktivitasnya. Nah btw kali ini Divisi TI Himatif mau ngasih tau perbedaan dari versi-versi Windows 10, pastinya kan kalau sobat IT mau install ulang computer atau laptop terus pake Windows 10 AIO atau All in One iso, biasanya suka ada opsi untuk memilih versi Windows 10 yang akan diinstall, pasti bingung mau pilih versi yang mana nih, perbedaannya apa ya? Sebenarnya sih perbedaan dari interfacenya tidak terlalu kelihatan sih, nah untuk mengetahuinya simak pembahasan artikel kali ini ya sob.

a.     Core Experience

Core Experience - Himatif STT-Garut

Jadi pada versi-versi Windows 10 ini, semuanya memiliki fitur inti atau utama yang sama, fitur-fitur inti itu diantaranya yaitu : User Interface (UI), Start Menu, Cortana, Virtual Desktop, Microsoft Edge(browser), dan lain-lain. Nah fitur-fitur tersebut ada di semua versi Windows 10. Bisa dilihat dari tabel dibawah ini :

Fitur-fitur Windows 10 - Himatif STT-Garut


b.     Fitur Update Otomatis

Fitur-fitur Windows Update - Himatif STT-Garut

Fitur Windows Update pada setiap versi Windows 10 itu sangat berbeda sekali, untuk Windows 10 Home dan Home Single Language, fitur update otomatis tidak dapat ditunda ataupun dinonaktifkan, kecuali menggunakan cara-cara tertentu dengan mematikannya lewat gpedit.msc ataupun edit registry. Sedangkan fitur otomatis update pada Windows 10 Pro dan Enterprise dapat ditunda selama 8 bulan sehingga Windows tidak akan melakukan pengunduhan paket update, bahkan untuk Windows 10 Enterprise, fitur update otomatis dapat dimatikan.

c.      Perbedaan Windows 10 Home dan Single Language
Windows versi Home ini berbeda hanya dari Bahasa yang didukung, biasanya Windows 10 Home dapat menggunakan banyak sekali Bahasa, sedangkan Windows 10 Home Single Language hanya mendukung satu Bahasa yaitu Bahasa Inggris, biasanya Windows 10 Home Single Language ini diinstal oleh vendor pada Laptop/PC yang didistribusi ke Erofa. Tetapi agar mendukung Bahasa lain, dapat melakukan upgrade ke versi Pro.

d.     Fitur Bisnis
Nah ini lah yang menjadikan perbedaan besar antara versi Windows 10 Home, Pro, Enterprise, dan Education. Untuk versi Home, biasanya penggunaanya hanya untuk seputar penggunaan sehari-hari,bisa juga menggunakan versi Pro,versi Pro sendiri merupakan versi Home yang memiliki fitur fitur tambahan seperti misalanya fitus Hyper-V. Untuk melihat perbedaan fitur untuk bisnis bisa dilihat pada tabel dibawah ini :


Perbedaan Fitur Untuk Bisnis - Himatif STT-Garut


Jadi Sobat IT harus pilih yang mana?

Sebaiknya pilih versi yang sesuai kebutuhan, misalnya untuk keperluan sehari-hari, bisa pakai Windows 10 Home,untuk keperluan pribadi tapi pengen aman atau fitur lebih,bisa pakai Windows 10 Pro, tetapi harga Windows 10 Pro jelas lebih mahal daripada Windows 10 Home,untuk keperluan perusahaan dengan fitur keamanan  yang tinggi pastinya menggunakan Windows 10 Enterprise, dan untuk keperluan pendidikan,misalnya di sekolah, universitas dan lain-lain, bisa menggunakan Windows 10 Education.

Nah itulah perbedaan dari versi-versi Windows, bagaimana? Sekarang pasti sudah tidak bingung lagi, 'kan?

Sumber : https://winpoin.com/inilah-perbedaan-versi-windows-10-home-vs-pro-vs-enterprise-vs-education-dan-mana-yang-harus-kamu-pilih/


Created By : Novan Noviansyah Pratama (1906038)

Contact Person :
Facebook : www.facebook.com/novan2001
Email       : [email protected]
Telegram  : https://t.me/vanzbro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar